rainbow cake 2

Rainbow Cake

Hmmm.. Ketika melihat rainbow cake pertama kali, yang terlintas dalam pikiran adalah “Yummy!”. Dengan warna yang ceria (pelangi), tentu saja hal ini adalah hal yang baru dibandingkan dengan kue-kue dahulu yang hanya 1, 2 atau 3 warna saja.

rainbow cake 3
 

Ketika melihat kue itu, bayangan kita pasti rasanya berbeda-beda dari satu lapis ke lapis. Misalnya orange ada sari jeruk nya, merah ada rasa strawberry, dst. Tapi untunglah tidak seperti itu, rasanya itu sama kok di semua lapisan, cuma beda warna aja. Ga bayangin deh kalau 1 kue gitu beda-beda rasa sampai 6 rasa gimana itu.

Siapa yang udah pernah makan olahan makanan rainbow ini? Aku yakin kebanyakan pasti sudah pernah nyobain. Aku baru 2 kali makan rainbow cake, itupun dapat irisan yang cukup (baca: sangat) kecil. Rasanya? Maniiissss. Tapi entah kenapa memakannya dari satu warna ke warna yang lain membawa kesenangan tersendiri.

Nah pertanyaan selanjutnya, siapa yang udah pernah buat rainbow cake? Pasti hampir semua belum kan, termasuk aku juga hehe..

Kepingin buat tapi ngga tau resepnya? Jangan kawatir, ini ada resep Rainbow Cake Ala Martha Stewart yang layak dicoba. Yuk mari.

rainbow cake

Bahan:

375 gram tepung terigu

5 butir telur, ambil putihnya saja

4 sdt baking powder

1/2 sdt garam

250 gram mentega tanpa garam

450 gram gula pasir

2 sdt vanila bubuk

350 ml susu cair

Mentega untuk mengoles loyang

Pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya

Buttercream lemon untuk Rainbow Cake

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven sampai 175 derajat celsius.
  2. Siapkan loyang ukuran diameter 23 cm, oles dengan mentega. Anda bisa memakai 6 loyang langsung atau satu persatu menggunakannya untuk memanggang 6 lapis warna yang berbeda.
  3. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam, sisihkan/
  4. Mixer mentega dan gula, tambahkan putik telur dan kocok hingga tercampur rata dan mengembang.
  5. Tambahkan vanili bubuk, kemudian masukkan tepung hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan susu.
  6. Bagi adonan menjadi enam bagian, beri masing-masing pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya.
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang, panggang selama 15 menit,
  8. Setelah matang, keluarkan kue dan dinginkan di atas rak kue selama 10 menit. Jika bagian atas kue menggembung, potong dengan pisau kue bergerigi agar permukaannya rata.
  9. Beri alas kue pada meja atau meja putar khusus kue yang akan Anda pakai untuk menumpuk Rainbow Cake.
  10. Mulai dari cake warna ungu, letakkan di bagian bawah, beri lapisan buttercream dengan bantuan spatula, lalu tumpuk dengan cake warna biru. Lakukan seterusnya dengan urutan ungu – biru – hijau – kuning – jingga – merah.
  11. Tutup semua bagian Rainbow Cake dengan buttercream yang tersisa. Tunggu hingga buttercream mengeras, kira-kira 30 menit.

 

Tambahan:

Jika Anda merasa bagian luar Rainbow Cake kurang ceria, Anda bisa menambahkan sparkle warna-warni, permen cokelat warna-warni atau meises aneka warna.

Sudah siap mengolah adonan? Atau ingin mencoba resep rainbow yang lain? Silahkan langsung ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *