resep lumpia goreng

Resep Lumpia Goreng

Lumpia goreng adalah camilan favorit semua orang. Mendapatkan orang yang berjualan lumpia goreng cukup mudah, namun membuatnya? Hmm belum tentu semua orang bisa.

Buat kalian yang kepingin unjuk kebolehan memasak lumpia goreng, baik di makan sendiri atau buat pamer, yuk simak step-step nya. Ada versi video juga buat yang ingin lebih jelas lagi.

resep lumpia goreng

Bahan Utama Lumpia Goreng:

20 lembar kulit lumpia;
250 gram rebung yang sudah direbus dan dipotong korek api;
25 gram ebi yang sudah direndam air panas dan dihaluskan;
100 gram ayam cincang;
125 ml kaldu ayam;
5 sendok makan minyak untuk menumis;
2 sendok makan tepung sagu yang dilarutkan dengan 1 sendok makan air;
2 sendok makan kecap manis; dan
500 ml minyak goreng.

Bahan bumbu yang dihaluskan:

5 butir bawang merah;
3 siung bawang putih;
½ sendok teh lada butiran; dan
1 sendok teh garam.

Bahan Pelengkap:

3 lembar daun selada;
2 pucuk daun petercelli; dan
Saus sambal.

Cara Menghaluskan Bumbu

Masukkan lada butiran, lalu haluskan. Kemudian masukkan garam, haluskan hingga tercampur rata, bawang merah dan bawang putih. Haluskan hingga semua bahan tercampur rata. Apabila semua bahan sudah halus, sisihkan pada wadah kecil.

Cara Membuat Isian

Masukkan 5 sendok makan minyak pada wajan yang sudah panaskan. Lalu masukkan bumbu yang sudah di haluskan, tumis hingga harum selama 1 menit dengan api sedang. Jika sudah harum, masukan ayam cincang, aduk hingga ayam berubah warna sambil di tekan-tekan agar ayam tidak menggumpal. Apabila ayam sudah berubah warna, masukkan ebi, lalu aduk sebentar hingga tercampur rata. Jika sudah tercampur rata, masukkan rebung, masak hingga rebung layu selama 5 menit dengan api sedang, setelah 5 menit rebung sudah layu, tambahkan air kaldu ayam, kecap manis, aduk rata sebentar, lalu kecilkan api. Kemudian masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, aduk hingga mengental dan mengering. Jika sudah mengering, matikan api kemudian sisihkan pada wadah.

Cara Membungkus

Siapkan kulit lumpia, lalu masukkan 1 sendok makan tumisan rebung, kemudian bungkus membentuk amplok satu persatu, lalu sisihkan pada wadah.

Cara Menggoreng

Tuang 500 ml minyak pada wajan yang sudah dipanaskan, biarkan minyak hingga panas, masukkan spatula. Apabila sudah berbuih menandakan minyak sudah panas, lalu masukkan lumpia satu persatu, kemudian goreng hingga berwarna kecoklatan dan kering dengan api sedang. Balik lumpia satu persatu agar matang merata. Jika sudah berwarna kecoklatan, angkat lumpia satu persatu dengan menggunakan saringan, lalu tiriskan minyaknya dan siapkan piring saji.

Saran Penyajian

Potong daun selada menjadi 3 bagian dan tata diatas piring saji, kemudian tata lumpia diatasnya, lalu hiasi dengan daun petercelli dan lengkapi dengan saus sambal. Lumpia goreng baik disajikan selagi hangat.

Hmmm yummyyy..!! Siap untuk membuat Lumpia Goreng? Jangan lupa kirim ke aku ya :p

Video resep lain bisa dilihat di http://www.youtube.com/user/videoresep

3 thoughts on “Resep Lumpia Goreng”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *